Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Periode 2022-2023 Sukses Mengadakan Kegiatan Kelas Tafsir dan Bedah Kitab Tafsir sebagai Pengoptimalan Pembelajaran Ilmu Tafsir

  • 06 September 2022
  • 08:29 WITA
  • Ilmu al-Qur'an dan Tafsir
  • Berita

Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar sukses mengadakan kegiatan Kelas Tafsir dan Bedah Kitab Tafsir pada Selasa-Kamis, 23-25 Agustus 2022 lalu. Kegiatan yang bertemakan “Mengoptimalkan Pembelajaran Ilmu Tafsir secara Kondusif Guna Meningkatkan Pemahaman yang Progresif dan Berkarakter” tersebut diselenggarakan di Sekretariat HMJ Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Jl. Japing, Sungguminasa, Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Dibuka pada Selasa (23/8) lalu, kegiatan ini mendapat respon yang positif dari mahasiswa tafsir Fakultas Ushuluddin dan Filsafat dengan menyajikan beberapa materi,  diantaranya: Sejarah dan Pengantar Ilmu Al-Quran; Qawa’id Tafsir; Tekstual dan Kontekstual Al-Qur’an; Metode Tafsir Tahlili dan Ijmali; Metode Tafsir Maudhu’i dan Muqaran; Living Qur’an; dan Maktabah Syameela. Adapun pada kegiatan bedah kitab tafsir, materi yang dibahas yaitu tentang Pemikiran Tafsir dari Muhyiddin Ibn ‘Arabi dan Kitab Tafsir Al-Qurthubi.

Riang Cahaya Anugrah selaku Ketua Umum HMJ Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir menuturkan urgensi dari kegiatan ini yaitu pengenalan metode dalam menafsirkan ayat Al-Qur’an sekaligus sebagai wadah dalam mengembangkan pemahaman Mahasiswa IQT terhadap pembelajaran tafsir.

“Melalui kegiatan ini, mahasiswa/i diharapkan dapat mengenal mengenai metode dalam menafsirkan Al-Qur'an untuk digunakan dalam menggali ayat Al-Qur’an. Kelas tafsir ini juga diharapkan menjadi wadah untuk dapat mengembangkan pemahaman pembelajaran tafsir yang diajarkan di mata kuliah,” tuturnya.

Lebih lanjut, mahasiswa yang akrab disapa Riang tersebut memaparkan perihal faktor-faktor keberhasilan dari kegiatan ini.

“Kesuksesan dan keberhasilan dari kegiatan ini tentu tidak lepas dari kerja keras seluruh panitia, pengurus, dan orang-orang yang terlibat di dalamnya. Tak lupa, adanya bantuan dari dosen-dosen kami di prodi yang memberikan arahan dan nasehat demi kelancaran acara kami,” ungkapnya.

Sri Resky Wahyuni, selalu Ketua Panitia pada kegiatan kali ini juga ikut memberikan pesan dan kesan menariknya.

“Kesan saya selama kegiatan, dalam prosesnya tentu ada beberapa kesulitan yang kerap kali muncul. Namun dalam hal ini saya juga mendapati bahwa selama tujuan atau niat kita masih dalam koridor yang disyariatkan oleh Allah swt., maka hal tersebut akan menemukan jalannya sendiri serta akan selalu ada bantuan dari arah yang terduga. Kami berharap teman-teman dapat merealisasikan ilmu yang didapatkan dari Kelas Tafsir ini, menjadi sebuah hasil yang nyata wujudnya baik itu berupa essay maupun segala bentuk literasi lainnya. Kemudian, untuk peserta semoga kegiatan ini dapat menjadi bekal awal dalam menapaki kaki di jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir serta memberikan kemudahan dalam memahami materi pada saat perkuliahan,” tuturnya.

Terakhir, Mahasiswa asal Soppeng tersebut turut mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang ikut menyukseskan kegiatan tersebut.

“Saya selaku ketua panitia ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh peserta yang sudah berkenan untuk bergabung dan mengikuti secara seksama seluruh rangkaian kegiatan dari awal hingga akhir. Saya juga sangat berterima kasih kepada seluruh panitia beserta jajaran pengurus yang tak henti-hentinya saling memberikan kontribusinya demi terlaksananya kegiatan ini. Jika dapat dikatakan mereka ini merupakan suatu bentuk proses itu sendiri. Proses yang mana selalu berusaha untuk mengembangkan dirinya ke arah yang lebih baik. Sekali lagi terima kasih banyak kepada mereka semua yang telah mendampingi saya dalam menjalankan amanah ini,” ujarnya saat diwawancarai via WhatsApp pada Senin (29/8) lalu.