Sukses Mengadakan Bakti Sosial, HMJ Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Tebarkan Kepedulian dan Tumbuhkan Nilai Qur’ani di Desa Rannaloe, Kecamatan Bungaya, Kabupaten Gowa.

  • 31 Juli 2022
  • 02:56 WITA
  • Ilmu al-Qur'an dan Tafsir
  • Berita

Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar sukses mengadakan kegiatan Bakti Sosial pada Senin-Kamis, 25-28 Juli 2022 lalu. Kegiatan yang bertemakan “Aksi Nyata Tebarkan Kepedulian, Tumbuhkan Nilai Qur’ani” tersebut diselenggarakan di Desa Rannaloe, Kecamatan Bungaya, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Dibuka pada Kamis (25/7) lalu, kegiatan bakti sosial ini mendapat sambutan yang hangat dari warga setempat dengan mengadakan berbagai kegiatan yang positif selama kurang lebih empat hari, diantaranya adalah mengajar di kelas, kunjungan ke lembaga tahfidz, pengajian di masjid, festival anak sholeh dan fun games, serta kegiatan peduli lingkungan.

Riang Cahaya Anugrah selaku Ketua Umum HMJ Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir menuturkan tujuan yang hendak dicapai pada kegiatan ini yaitu menumbuhkan nilai Qur’ani di masyarakat dengan lebih mencintai kitab yang dijadikan pedoman pertama bagi umat Islam tersebut.

“Sesuai dengan tema yang kami usung, maka tujuan dari kegiatan bakti sosial ini adalah selain sebagai bentuk rasa peduli kita terhadap masyarakat, juga tak kalah penting adalah bagaimana menjadikan kegiatan ini sebagai anak tangga atau pijakan awal bagi masyarakat khususnya anak-anak di desa tersebut untuk lebih mencintai  Al-Qur’an agar ke depannya bisa menjadi generasi-generasi Qur’ani,” tuturnya.

Lebih lanjut, mahasiswa asal Kabupaten Bone ini memaparkan perihal faktor-faktor keberhasilan dari bakti sosial ini.

“Kesuksesan dan keberhasilan dari kegiatan ini tentu tidak lepas dari kerja keras seluruh panitia, pengurus, dan orang-orang yang terlibat di dalamnya. Tak lupa, adanya kerja sama tim yang baik juga ikut andil yang besar dalam suksesnya kegiatan ini,” ungkapnya.

Selain itu, Mahasiswa yang kerap disapa Riang ini mengungkapkan beberapa kendala atau tantangan yang dihadapi selama proses persiapan hingga terlaksananya kegiatan, seperti rute perjalanan yang rawan longsor sehingga menyulitkan para panitia untuk sampai di lokasi tujuan. Sulitnya mengatur jadwal atau memanajer waktu dengan sebaik-baiknya juga menjadi kendala yang cukup berarti dirasakan oleh para panitia. Bersyukur, kendala tersebut di atas dapat diatasi dengan baik.

Nur Rahman Haryadi, selalu Ketua Panitia pada kegiatan kali ini juga ikut memberikan pesan dan kesan menariknya.

“Kesan saya selama kegiatan ini yaitu adanya rasa kebersamaan dan kekeluargaan yang kuat antar sesama pengurus. Jadi, dalam himpunan ini kita sudah seperti keluarga, meskipun berasal dari suku ataupun daerah yang berbeda-beda. Dengan rasa kekeluargaan itu, menurut saya menjadi salah satu kunci keberhasilan juga dari kegiatan ini. Selanjutnya, harapan saya semoga kegiatan ini mampu membawa dampak positif bagi masyarakat, khususnya bagi anak-anak dalam meningkatkan semangat belajar Al-Qur’an,” tuturnya.

Terakhir, Mahasiswa Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir angkatan 2021 ini turut mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang ikut menyukseskan kegiatan tersebut.

“Saya selaku ketua panitia ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada seluruh panitia dan pengurus yang menyempatkan waktu dan tenaganya dalam melaksanakan kegiatan ini. Terima kasih juga kepada pihak kampus, fakultas, prodi, dan donatur yang telah memberikan dukungannya kepada kami baik itu berupa materiil maupun non-materiil. Tak lupa, ucapan terima kasih juga kepada aparat desa setempat beserta masyarakat yang telah berkenan memberi izin kepada kami untuk mengadakan kegiatan di desa tersebut serta diterima dengan baik juga,” ujarnya saat diwawancarai via WhatsApp pada Sabtu (30/7) lalu.

Kegiatan bakti sosial tersebut ditutup dengan pemberian donasi berupa Al-Qur’an, Iqra, dan perlengkapan baca tulis Al-Qur’an. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian cendramata dan hadiah kepada para juara lomba festival anak sholeh. Semoga apa yang diberikan membawa manfaat bagi masyarakat setempat.

 

Penulis: Nurul Amadea (Mahasiswi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Angkatan 2019)