Sukses Mengadakan LDKM Angkatan 2022, HMJ Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Tumbuhkan Karakter Qur’ani yang Bersikap Kritis, Berintelektual, dan Beradab

  • 18 Oktober 2022
  • 01:40 WITA
  • Ilmu al-Qur'an dan Tafsir
  • Berita

Sebanyak 91 mahasiswa Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Angkatan 2022 dan 2021 sukses mengikuti kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM) yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar pada Jumat-Ahad, 30 September-2 Oktober 2022 lalu. Kegiatan yang bertemakan “Menumbuhkan Karakter Qur’ani yang Bersikap Kritis, Berintelektual, dan Beradab” tersebut diselenggarakan di Kampong Kopi Bawakaraeng, Dusun Bilayya, Desa Pallantikang, Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Dibuka pada Jumat (30/9) lalu, kegiatan LDKM ini mendapat sambutan yang antusias dari para peserta dengan menyajikan beberapa materi, diantaranya: retorika, kerangka berpikir ilmiah, metode persidangan, manajemen kepemimpinan dan keorganisasian, serta adab-adab qur’ani. Berbagai kegiatan menarik pun turut dihadirkan guna menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan untuk para peserta, seperti kegiatan senam pagi, shalat berjamaah, makan bersama, api unggun, dan outbound.

Riang Cahaya Anugrah selaku Ketua Umum HMJ Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir menyampaikan tujuan yang hendak dicapai pada kegiatan ini yaitu untuk  membentuk jiwa kepemimpinan mahasiswa baru yang berlandaskan Al-Qur’an dan membangun solidaritas di masyarakat Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir.

Lebih lanjut, mahasiswa semester tujuh ini mengungkapkan perihal faktor-faktor keberhasilan dari kegiatan LDKM ini.

“Suksesnya kegiatan ini tentu tidak lepas dari kerja keras seluruh panitia dan pengurus himpunan yang telah mengorbankan waktu dan pikiran mereka, dan juga tak lupa dukungan dan arahan yang selalu diberikan oleh dosen-dosen kami di prodi.” ungkapnya.

Selain itu, mahasiswa yang kerap disapa Riang ini mengungkapkan beberapa kendala yang dihadapi selama proses persiapan hingga terlaksananya kegiatan, seperti cuaca yang tidak menentu sehingga mengakibatkan beberapa dari panitia dan peserta jatuh sakit. Bersyukur, kendala tersebut dapat diatasi dengan baik.

Muh. Iksan Mubarak Asmin, selaku Ketua Panitia pada kegiatan kali ini juga ikut mengutarakan pesan dan kesan menariknya.

“Kesan saya selama kegiatan LDKM ini di adakan adalah mendapat begitu banyak pelajaran dan pengalaman yang berharga. Mulai dari rasa kekeluargaan, saling melindungi, dan khawatir dengan keselamatan dan kesehatan peserta maupun pantia LDKM. Kemudian saya juga menjadi lebih tahu secara dalam dan luas apa itu sebenarnya pemimpin, dan saya ingin katakan kepada teman-teman kader LDKM angkatan 2022 bahwa kegiatan ini bukanlah ajang untuk membalas dendam yang kami sudah lalui tetapi ini adalah ajang untuk melatih atau membentuk jiwa dan karakter teman-teman agar mempunyai mental pemimpin yang hebat” tuturnya.

Terakhir, mahasiswa asal Kolaka ini turut mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang ikut menyukseskan kegiatan tersebut.

“Saya selaku ketua panitia ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada  teman-teman dan kakak-kakak panitia yang telah bekerja keras untuk memberikan yang terbaik kepada peserta LDKM angkatan 2022 ini. Terima kasih juga kepada para pemateri atas ilmu dan motivasi yang telah dibagikan kepada adik-adik kita. Semoga apa yang disampaikan dapat memberikan manfaat dan semangat untuk menjadi pemimpin yang baik di masa depan. Terima kasih juga kepada pihak kampus, fakultas, dan prodi yang telah memberikan dukungannya kepada kami baik itu berupa materiil maupun non-materiil.” ujarnya saat diwawancarai via WhatsApp pada Kamis (13/10) lalu.