Semarak satu Dekade Program Studi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir, Sukses Terselenggara Pada 17 Desember 2022 Dengan Mengusung Tema “Menumbuhkan Semangat Qur’ani Melalui Inovasi dan Solidaritas dalam Harmoni Milad IQT”

  • 21 Januari 2023
  • 09:05 WITA
  • Ilmu al-Qur'an dan Tafsir
  • Berita

Semarak satu Dekade Program Studi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar sukses terselenggara pada 17 Desember 2022 dengan mengusung tema “Menumbuhkan Semangat Qur’ani Melalui Inovasi dan Solidaritas dalam Harmoni Milad IQT”. Berbagai rangkaian agenda dalam merayakan milad ke-11 tahun program studi ini, telah terlaksana dengan segala kemeriahannya. Adapun acara dan hal menarik tersebut di antaranya adalah, Seminar Nasional (Kamis, 8 Desember 2022 – Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam), Bakti Sosial dalam bentuk silaturahim dan penyampaian materi pada Pondok Pesantren Darul Aman Lengkese, Takalar (Jum’at, 9 Desember 2022 – Dusun Tamaona, Kecamatan Lengkese, Kec. Mangarabombang, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan). Lomba seni yang terdiri dari; Cerdas Cermat Qur’an, Tartil, Musabaqah Hifdzil Qur’an, Nasyid, Kaligrafi, Pidato Bahasa Indonesia, dan Puisi. Pada cabang olahraga, terdiri dari; Bulutangkis, Tenis Meja, Catur, dan Mobile Legend antarkelas, serta diakhiri dengan Malam Puncak Perayaan Milad (Sabtu, 17 Desember 2022 – Aula SMAN 5 Makassar).

Riang Cahaya Anugrah selaku ketua HMJ IQT juga ikut serta memeriahkan malam puncak Milad IQT ke-11. Pada kesempatan itu mahasiswa asal Bone ini juga menyampaikan sepatah katanya perihal proses dari rangkaian kegiatan Milad IQT Ke-11 ini.

“Tujuan daripada kegiatan kita ini, untuk mempererat hubungan silaturahmi sesama masyarakat Jurusan Ilmu al-Qur’an dan Tafsir. Selama proses berlangsungnya rangkaian kegiatan Milad ini, ada beberapa kendala seperti management waktu yang kurang baik, adanya jadwal yang berbenturan. Namun, meskipun demikian acara ini dapat kita sukseskan bersama atas kerja keras para panitia dan pengurus himpunan.”

Selain ketua HMJ IQT, Ketua panitia dari acara Milad IQT Ke-11 ini juga hadir ditengah-tengah lokasi malam puncak.

“Luar biasa ialah kata yang menggambarkan perasaan saya ketika mengikuti kegiatan proker HMJ Milad IQT Ke-11 ini. Banyak hal baru yang saya dapatkan selama mengikuti kepanitiaan ini, mulai dari pembentukan kepanitiaan yang sama-sama dari awal telah merasakan suka dan duka hingga pada malam puncak Milad IQT Ke-11.” Tutur Mario Mega Zaputra selaku ketua panitia dalam agenda besar ini.

Tak hanya itu, pada malam puncak Milad IQT Ke-11 ketua panitia yang kerap disapa Mario ini juga menyampaikan sepatah kata dan harapan-harapannya untuk HMJ IQT kedepannya, “Terima kasih telah memberikan yang terbaik selama kepanitiaan ini. Untuk teman-teman panitia dan kakak-kakak, mohon maaf jika selama kepanitiaan ini terdapat kekurangan. Kemudian, terima kasih telah membuat kenangan yang berkesan dari awal, mulai dari pembentukan kepanitiaan, bakti sosial, perlombaan hingga akhir acara ini. Semoga kegiatan ini bisa menjadi langkah awal untuk teman-teman panitia bisa mengupgrade dirinya dan menjadi bekal untuk kedepannya. Adapun harapan saya semoga milad tahun ini menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi kami untuk kedepannya, dan semoga Ilmu al-Qur’an selalu menjadi rumah bagi teman-teman Ilmu al-Qur’an itu sendiri dan yang terpenting adalah bagaimana kemudian Ilmu al-Qur’an menjadi sumber-sumber intelektual agar para teman-teman Ilmu al-Qur’an tidak akan haus akan ilmu pengetahuan. Teruntuk kakak-kakak dan teman-teman panitia Milad IQT Ke-11 ini, saya ucapkan banyak terima kasih atas partisipasinya selama ini, You all are amazing, kata itulah yang menggambarkan perasaan saya saat ini. Terima kasih juga kepada seluruh pihak yang terlibat, seluruh dosen, orang tua kami, guru gurutta di jurusan, teman-teman panitia, pengurus atas partisipasinya baik berupa bantuan secara material maupun saran dan masukannya. Serta, permohonan maaf apabila terdapat kesalahan selama berkegiatan, sekali lagi terima kasih untuk semuanya.”