Semarak Satu Dekade Program Studi Ilmu al-Qur'an dan Tafsir sebagai Inspirasi dalam Harmoni Kehidupan

  • 12 Desember 2021
  • 03:42 WITA
  • Ilmu al-Qur'an dan Tafsir
  • Berita

IQT Online – Semarak Satu Dekade Program Studi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar sukses terselenggara pada pekan pertama Desember 2021 dengan mengusung tema “Menjalin Silaturahim dalam Milad Ilmu al-Qur’an dan Tafsir sebagai Inspirasi dalam Harmoni Kehidupan”. Berbagai rangkaian agenda dalam rangka merayakan milad ke-10 tahun program studi ini, telah terlaksana dengan segala kemeriahannya. Berbagai event menarik tersebut di antaranya adalah, Webinar Nasional (Rabu, 1 Desember 2021 – Ruang LT. Fakultas Ushuluddin dan Filsafat), Seminar Nasional (Kamis, 2 Desember 2021 – Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam), Bakti Sosial berupa penanaman 500 pohon mangrove (Sabtu, 4 Desember 2021 – Kampung Nelayan Untia, Kecamatan Biringkanaya, Makassar) Lomba Seni yang terdiri dari; Cerdas Cermat Qur’an, Tartil, Musabaqah Hifdzil Qur’an, Nasyid, Kaligrafi, Pidato Bahasa Indonesia dan Puisi. Olahraga yang terdiri dari; Bulutangkis, Tenis Meja, Catur dan Mobile Legend antarkelas lintas angkatan, serta diakhiri dengan Malam Puncak Perayaan Milad (Jum’at, 10 Desember 2021 – Aula SLB Negeri 1 Makassar).

Riang Cahaya Anugrah selaku ketua panitia dalam agenda besar ini menuturkan bahwa serangkaian agenda milad ini bertujuan untuk menjalin silaturahim antarsesama mahasiswa Program Studi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir.

“Sesuai dengan tema yang kami usung dalam milad kali ini, yakni Menjalin Silaturahim dalam Milad Ilmu al-Qur’an dan Tafsir sebagai Inspirasi dalam Harmoni Kehidupan, maka tujuan dari serangkaian agenda besar ini adalah selain sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah, juga bertujuan untuk membangkitkan kembali silaturahim antarsesama mahasiswa yang sempat tidak terjalin secara langsung akibat pandemi yang mengharuskan mahasiswa melaksanakan proses perkuliahan secara virtual,” tuturnya.

Lebih lanjut, mahasiswa asal Kabupaten Bone ini memaparkan perihal indikator-indikator keberhasilan dari milad ini.

“Kesuksesan dan keberhasilan dari acara milad ini, tentu tidak lepas dari kerja keras para panitia, pengurus himpunan dan seluruh mahasiswa Ilmu al-Qur’an dan Tafsir yang turut serta dalam acara ini. Begitu pula atas do’a dan dukungan yang terus mengalir serta respon yang sangat baik dari dosen-dosen kami serta dari pihak fakultas yang telah memberikan izin dan memberikan fasilitas untuk acara ini,” paparnya.

Terakhir, mahasiswa yang kerap disapa Riang ini juga menyampaikan harapan-harapan terbaiknya untuk milad Program Studi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir selanjutnya.

“Harapan saya kepada seluruh panitia, khususnya kepada adik-adik angkatan 2020 dan angkatan 2021 yang ke depannya akan melanjutkan tongkat estafet untuk milad selanjutnya adalah jangan pernah berhenti untuk berproses, karena apapun yang dikeluarkan sebagai suatu pengorbanan untuk jurusan, itu semua akan kembali pada diri kita masing-masing. Saya juga berharap kepada seluruh mahasiswa Ilmu al-Qur’an dan Tafsir agar tetap bersinergi, menjaga solidaritas dan silaturahim kepada sesama mahasiswa,” ujarnya saat diwawancarai via WhatsApp pada hari Sabtu, 11 Desember 2021 lalu.