Pelatihan Netode Baca-tulis al-Qur’an bagi guru-guru mengaji di Kel. Pattapang Kec. Tinggi Moncong K

  • 15-12-2017
  • 03:20 WITA
  • admin_iqt
  • Pengabdian Masyarakat

Kegiatan pelatihan Guru Mengaji berlangsung dalam 5 (lima) hari, dari tanggal, 10-14 Desember 2016.

. Hari pertama terdiri atas pembukaan, pretest, dan penyajian materi yang berkaitan dengan pengembangan materi membaca dan menulis Al-Qur’an dan pada hari kedua, ketiga dan keempat adalah pelatihan Metode baca tulis dan penyajian materi yang berkaitan dengan pengembangan kompetensi (pedagogik, professional, sosial, dan akademik), serta hari kelima diisi dengan evaluasi, dan penutupan.

Tujuan yang hendak dicapai dalam kegiatan pengabdian ini adalah:

1. Mengadakan pelatihan metode baca-tulis al-Qur’an bagi guru-guru mengaji di Kelurahan Pattapang Kecamatan Tinggi Moncong Kabupaten Gowa. Pelatihan ini diharapkan meningkatkan kemampuan mengajar baca-tulis al-Qur’an bagi guru mengaji di Kelurahan Pattapang.

2. Memberikan penyuluhan tentang pentingnya pandai membaca al-Qur’an bagi anak-anak muslim. Kegaitan ini diharapkan dapat memberi motivasi bagi orang tua santri dan anak-anak muslim lainnya agar menigkatkan minat bagi anak-anak belajar membaca dan menulis al-Qur’an.

3. Memberikan pencerahan bagi masyarakat Kelurahan Pattapang agar dapat berpartisipasi dalam meningkatkan pengelolaan TPA/TKA pada Kelurahan Pattapang. Kegiatan ini diharapkan dapat lebih mendorong agar masyarakat Kelurahan Pattapang ikut lebih intens dalam mendukung dan berpartisipasi dalam meningkatkan minat anak-anak, bertambahnya kuantitas dan kualitas pengelolaan lembaga pengajian, TPA/TKA di Kelurahan Pattapang.