SANAD Of Tafsir Hadist Khusus Makassar Gelar Seminar Nasional Di Kemenag Bantaeng

  • 04 Februari 2019
  • 02:18 WITA
  • Ilmu al-Qur'an dan Tafsir
  • Berita

Bantaeng, (29/1) - Bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kab. Bantaeng, Student And Alumnus Department (SANAD) of Tafsir Hadist Khusus Makassar menggelar Seminar Nasional dengan Tema: Enkulturasi Al Qur'an Dan Hadis Di Butta Toa". (Senin, 29/1/2018).


Seminar yang dilaksanakan sebagai rangkaian dari acara Mukhtamar VIII SANAD of Tafsir Hadis Khusus Makassar di Kab. Bantaeng ini dibuka oleh Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Setda Bantaeng H. Syamsul Suli mewakili Sekda Bantaeng.

Mukhtamar ke VIII yang digelar pada tanggal 26-28 Januari 2018 bertempat di Rusunawa, Mattoanging, Kec. Bissappu, Kab. Bantaeng ini telah menetapkan Asmi Ashari Shabran sebagai Ketua terpilih (periode 2017-2018) menggantikan Muhammad Darwis Ridwan.

Seminar dihadiri oleh kurang lebih 80 orang peserta yang terdiri dari para santri & pembina sejumlah Ponsok Pesantren di Kab. Bantaeng, serta para anggota SANAD yang merupakan Mahasiswa dan alumni Tafsir Hadist Fak. Ushuluddin Filsafat & Politik UIN Alauddin Makassar dari berbagai daerah antara lain: Polman, Selayar, Takalar, Jeneponto, Bulukumba, Bone, Soppeng, Pinrang, Pangkep, Barru, Mamuju, dan Palopo.

Turut hadir dan bertindak selaku Narasumber Kepala Kantor Kemenag Bantaeng Bapak H. Muhammad Yunus, S.Ag, M.Ag dengan materi berjudul: Peran Pondpk Pesantren dalam menghidupkan Al Qur'an Hadist di Butta Toa"

Pemateri lainnya adalah: Dr. Muh. Irham, S.Th.I, Alumni kedua SANAD of Tafsir Hadist Khusus Makassar dengan materi berjudul : Metode memahami hadist Nabi Muhammad SAW, Teguh Arafah, S.ThI, M.ThI dengan materi berjudul: Peran Al Qur'an dalam nenyelesaikan permasalahan yang ada di Masyarakat, dan Ust H. Abd. Haris, Lc, (Pembina Ponpes DDI Mattanging) dengan materi berjudul: Menjaga Orisinalitas Hadist Nabi Muhammad, SAW di Butta Toa".

Ketua Demisioner Muhammad Darwis Ridwan kepada Humas Kemenag Bantaeng menuturkan bahwa saat ini SANAD of Tafsir Hadist Khusus Makassar sudah melahirkan 13 angkatan atau alumni yang terdiri dari kalangan Mahasiswa sebanyak 4 angkatan dan 9 angkatan dari alumni (Jurusan Tafsir Hadist Fak. Ushuluddin Filsafat & Politik UIN Alauddin Makassar).

Seminar Nasional yang digelar ini lanjut Darwis, adalah yang Pertama digelar di Kab. Bantaeng, sebagai rangkaian acara Mukhtamar VIII tahun 2018.

Selama di Kab. Bantaeng para peserta yang yang menginap di Rusunawa Kel. Mattowanging Kec. Bisappu Kab. Bantaeng ini menyatakan sangat kagum atas keindahan serta kebersihan kota Butta Toa Bantaeng, apalagi suasana pantai seruninya di waktu malam hari yang begitu mempesona. Ungkap Darwis.


https://www.bantaengkemenag.com/2018/01/sanad-of-tafsir-hadist-khusus-makassar.html