Prodi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir Reguler 2, Sukses Selenggarakan Kuliah Kerja Lapangan dan Praktikum Kompetensi di Tanah Kelahiran Jusuf Kalla

  • 26 September 2021
  • 08:31 WITA
  • Ilmu al-Qur'an dan Tafsir
  • Berita

IQT Online – Mahasiswa-mahasiswi Kelas IQT-R2 Angkatan 2018, Program Studi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar sukses menyelesaikan salah satu program wajib dari pihak kampus untuk mahasiswa semester VII, yakni Kuliah Kerja Lapangan (KKL) dan Praktikum Kompetensi (PK) pada tanggal 18-19 September 2021, yang bertempat di tanah kelahiran mantan Wakil Presiden Republik Indonesia, Bapak Jusuf Kalla, yakni di Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan.

Sebanyak tiga puluh mahasiswa dan mahasiswi yang tergabung dalam Kelas IQT-R2 mengikuti seluruh rangkaian agenda dari Kuliah Kerja Lapangan dan Praktikum Kompetensi yang didampingi langsung al-Ustadz Dr. Abdul Ghany, S.Th.I., M.Th.I, selaku dosen pembimbing dalam kegiatan ini.

Kunjungan dilakukan di beberapa lokasi, Pesantren Modern al-Junaidiyah Biru, Kabupaten Bone merupakan titik utama dalam melaksanakan penelitian. Selain itu, Kelas IQT-R2 juga menyambangi pondok pesantren yang didirikan oleh salah seorang ulama terkemuka dari tanah Bugis, K.H. Lanre Said, yakni Pondok Pesantren Darul Huffadh Tuju-Tuju Kajuara, Kabupaten Bone, di hari yang sama, tepatnya pada hari Sabtu, 18 September 2021 silam.

Syamsul Akbar selaku ketua panitia dalam kegiatan ini, menuturkan bahwa program ini merupakan program yang sangat menarik, pasalnya kegiatan ini menuntut para mahasiswa untuk terjun langsung ke lapangan guna melakukan observasi dan berbagi pengetahuan terhadap lembaga yang dituju.

“Kegiatan ini tentu menambah wawasan dan pengalaman bagi para mahasiswa, karena kami tidak hanya belajar di ruang kelas saja, melainkan kami juga memperoleh pengetahuan perihal pondok pesantren yang kami teliti secara langsung. Tidak hanya itu, kami juga berbagi pengetahuan tentang program studi kami kepada adik-adik santri dan santriwati,” tutur pemuda yang kerap disapa Zul ini.

Lebih lanjut, mahasiswa yang berasal dari Kota Palu ini memaparkan kesan dan pesannya selama mengikuti kegiatan tersebut.

“Kuliah Kerja Lapangan dan Praktikum Kompetensi ini, tentu menyisakan begitu banyak kesan yang mendalam bagi kami. Karena selama hampir dua tahun ini, kami tidak pernah bertemu dikarenakan pandemi COVID-19 yang mengharuskan proses perkuliahan dilaksanakan secara online. Namun, alhamdulillah kegiatan ini hadir sebagai ajang untuk kembali menyambung dan mempererat tali persaudaraan serta meningkatkan solidaritas kami, dengan berbagai momen kebersamaan yang telah kami lalui selama kurang lebih tiga hari di Kabupaten Bone. Untuk itu, harapan saya kepada teman-teman Kelas IQT-R2 adalah semoga kita semua tetap seperti ini, saling merangkul, menjaga keharmonisan terhadap sesama teman kelas, dan tetap hangat layaknya sebuah keluarga yang utuh, meskipun kegiatan KKL dan PK telah berakhir,” paparnya.

Ia juga menyampaikan rasa syukur dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kesuksesan kegiatan ini.

“Syukur alhamdulillah kegiatan ini telah selesai dan berjalan dengan baik, saya mengucapkan terima kasih banyak kepada semua pihak yang telah mengantarkan kami untuk menyukseskan kegiatan KKL dan PK ini, yakni kepada Dekan Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, Ketua Prodi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir, dosen pembimbing, pihak pesantren yang kami kunjungi, dan tentunya terima kasih banyak kepada rekan-rekan Kelas IQT-R2 atas semangat dan antusiasmenya yang tak pernah padam,” ujarnya.

Selain melakukan penelitian terhadap dua pondok pesantren di Kabupaten Bone, Kelas IQT-R2 juga berkunjung ke Resto & Cafe Teras guna bertemu dan berbincang hangat bersama Ketua Prodi dan Pengurus HMPS Ilmu al-Qur’an dan Tafsir IAIN Bone.

Rahmat selaku Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir UIN Alauddin Makassar juga mengutarakan harapannya dari kunjungan ini.

“Agenda silaturrahim bersama Ketua Prodi dan Pengurus HMPS IAT IAIN Bone, bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan antar sesama mahasiswa Ilmu al-Qur’an dan Tafsir, serta harapan kami ke depannya adalah semoga Prodi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir dari kedua kampus ini dapat menjalin hubungan kerjasama yang baik,” jelasnya.

Setelah melaksanakan serangkaian agenda dari Kuliah Kerja Lapangan dan Praktikum Kompetensi, di hari terakhir, Kelas IQT-R2 mengunjungi salah satu destinasi wisata ternama di Kabupaten Bone, yakni di Waterpark Tanjung Pallette, untuk sekadar melepas penat dan menikmati keindahan panorama alam di tanah kelahiran Jusuf Kalla.


Penulis: Anisa F. (IQT-R2)