Produktif di Tengah Pandemi, HMJ IQT Sukses Gelar Pekan Raya Ramadhan 2021

  • 05 Mei 2021
  • 08:10 WITA
  • Ilmu al-Qur'an dan Tafsir
  • Berita

IQT Online – Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu al-Qur’an & Tafsir, UIN Alauddin Makassar, sukses selenggarakan event Pekan Raya Ramadhan 2021 dengan tema yang bertajuk “Generasi Millenial: Bersama Ramadhan, Tetap Berkarya”, yang berlangsung sejak 23 April hingga 2 Mei 2021. Kegiatan ini terdiri atas lima cabang lomba, di antaranya Ceramah, Tartil Qur’an, Musabaqah Qira’atul Kutub, Cerpen Ramadhan dan Cerdas Cermat Ramadhan, yang dilaksankan secara virtual, mengingat kegiatan ini terbuka untuk umum. Selain itu, Pekan Raya Ramadhan ini juga dirangkaikan dengan beberapa kegiatan lainnya, yakni Buka Puasa Bersama, IQT Ramadhan Berbagi, serta Tadarrus Nusantara dan Do'a untuk Keselamatan Bangsa yang dinahkodai oleh FKMTHI (Forum Komunikasi Mahasiswa Tafsir Hadis Indonesia).

Ketua Panitia pada Pekan Raya Ramadhan 2021, Nurul Amadea, menjelaskan bahwa tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk mempererat silaturrahim antarsesama civitas akademik.

“Tujuan kami melaksanakan kegiatan besar ini adalah untuk mempererat silaturrahim dan memperkuat ukhuwah islamiyah antarsesama civitas akademik kampus baik dari PTKIN maupun PTN. Maka dari itu, kegiatan ini kami buka untuk umum dan dapat diikuti oleh mahasiswa dari perguruan tinggi lainnya di Indonesia,” jelasnya saat diwawancarai via WhatsApp pada hari Ahad, 2 Mei 2021 lalu.

Lebih lanjut, mahasiswi semester empat ini, memaparkan bahwa Pekan Raya Ramadhan ini merupakan wadah untuk generasi millenial agar tetap produktif dalam berkarya.

“Tentunya Pekan Raya Ramadhan 2021 ini juga merupakan salah satu wadah untuk generasi millenial agar tetap produktif dengan menyalurkan bakat dan juga karya-karyanya, meski berada di tengah pandemi COVID-19 seperti ini,” paparnya.

Ia juga menyampaikan rasa syukur dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini.

“Alhamdulillah, saya sangat bersyukur karena kegiatan ini telah terlaksana dengan sukses dan meriah. Meskipun dilaksanakan secara virtual, namun semarak dalam kegiatan ini tetap terasa. Kesuksesan ini tentu tidak lepas dari peran semua pihak yang turut andil dalam kegiatan ini. Saya selaku ketua panitia, mengucapkan terima kasih banyak kepada para panitia yang telah bekerja keras demi kesuksesan acara ini, kepada pengurus yang tak pernah lelah dalam membimbing kami, serta kepada pihak Prodi Ilmu al-Qur’an & Tafsir dan juga Fakultas Ushuluddin dan Filsafat karena telah mendukung kami secara penuh dalam kegiatan ini,” ujarnya.

Terakhir, mahasiswi berusia 20 tahun ini juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada para peserta yang telah menyemarakkan Pekan Raya Ramadhan 2021 ini.

“Saya juga ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada para peserta atas antusiasme dan partisipasinya dalam kegiatan ini. Selanjutnya, saya ucapkan selamat kepada peserta yang telah berhasil meraih gelar juara, dan untuk peserta yang belum juara, jangan bersedih dan tetap semangat, karena kalian semua sudah luar biasa,” tuturnya.