Webinar Nasional, Prodi Ilmu Politik UIN Alauddin Bahas Habib Dalam Pusaran Politik

  • 14 Desember 2020
  • 09:17 WITA
  • Ilmu al-Qur'an dan Tafsir
  • Berita

UIN Online - Program Studi Ilmu Politik Fakultas Ushuluddin Filsafat dan Politik UIN Alauddin Makassar menggelar Webinar Nasional bertajuk Habib Dalam Pusaran Politik Indonesia berlangsung melalui Aplikasi Via Zoom, Kamis (04/12/2020).

Kegiatan itu menghadirkan Politisi PDIP Prof Dr Hamka Haq, Dekan Fisip Universitas Wahid Hasyim, Kepala Litbang Agama Kota Makassar Dr Syaprillah Syahrir M Si.

Menurut Ketua Jurusan Ilmu Politik Syahrir Karim Ph D mengatakan fenomena habib dalam konteks politik nasional akhir akhir ini menjadi sorotan media, Habib Rizieq dan peran habib secara umum pergerakannya dalam politik nasional.

"Fenomena habib menarik dari aspek politik dan agama untuk dikaji," katanya.

Menurutnya, secara politik, habib  mulai muncul kembali ketika kontestasi pilpres yang kemudian berlanjut dalam aksi aksi politik dan gerakan sosial yg dimotori oleh habib Rizieq Shihab (HRS), Bahar bin smith serta bbrapa habaib lainnya. 

"Habib ini kemudian telah jauh masuk dalam gerakan politik. Meski tidak semua habaib ikut gerakan HRS, tapi ini jelas memperlihatkan sebuah fenomena politik dan keagamaan yang menarik untuk didiskusikan," jelasnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, fenomena habaib ini kemudian menarik karena ada situasi yang kontras. "Di satu sisi habaib identik sebagai tokoh kharismatik, religius dan pengayom umat, to disisi yang lain habib ini memperlihatkan kesan yang politis, melawan pemerintah, di anggap mengancam pemerintah, provokatif, dan jauh dari kata etika baik dalam berucap maupun perilaku," tutupnya.